PUSTAKA BENTARA “BECOMING, 20 TAHUN GALANG KANGIN”

Pustaka Bentara kali ini akan membincangkan buku “Becoming”, 20 Tahun kelompok perupa GalangKangin dalam menapak dunia kesenirupaan. Selain berisi rangkuman berita terkait aktivitas komunitas ini selama kurun waktu tersebut, terdapat pula tulisan-tulisan kurator pameran, catatan-catatan narasumber terpilih perihal capaian Galang Kangin, termasuk sejumlah kaleidoskop kegiatan.

Sebagai narasumber diskusi yakni Hardiman, yang juga bertindak selaku editor buku serta beberapa kali dipercaya menjadi kurator pameran Galang Kangin. Tampil pula para seniman antara lain, Made Supena, Galung Wiratmaja, I Wayan Setem, dan lain-lain, yang akan berbagi pengalaman bagaimana mengelola kebersamaan komunitas kreatif dengan berbagai latar anggotanya yang boleh dikata berbeda serta memiliki kecenderungan perkembangan gaya lukisnya masing-masing.

Akan ditimbang pula keberadaan Galang Kangin dibandingkan komunitas-komunitas serupa yang ada di BAli atau di tanah air, berikut problematikyang membayangi sebuah kelompok seni rupa dalam merawat eksistensi komunitas di satu sisi dan capaian individu sebagai seniman dengan karya yang mempribadi. Dialog ini juga menandai upaya Galang Kangin yang tengah mempersiapkan satu pameran retrospektif yang mencerminkan dinamika sepanjang 20 tahun ini.

Komunitas Galang Kangin didirikan tahun 1996 dan secara rutin menyelenggarakan aktivitas pameran. Para anggotanya juga meraih berbagai penghargaan seni rupa serta melakukan pameran di dalam maupun di luar negeri.

Selengkapnya : https://bentarabudayabali.wordpress.com/2018/04/02/pustaka-bentara-becoming-20-tahun-galang-kangin/

 

0 replies

Leave a Reply

Want to join the discussion?
Feel free to contribute!

Leave a Reply

Your email address will not be published.