KELAS KREATIF BENTARA MEMBUAT KOMIK BERSAMA COMICOTOPIA & BENTARA MUDA BALI

KELAS KREATIF BENTARA
MEMBUAT KOMIK BERSAMA COMICOTOPIA & BENTARA MUDA BALI
Minggu, 16 September 2018, pukul 15.00 WITA

Komik atau cerita bergambar memiliki sejarah yang panjang, bukan saja di Indonesia tapi juga di seluruh belahan dunia. Di Indonesia sendiri, sejarah komik diyakini dimulai sejak kehadiran komik strip Put On pada harian Sin Po sekitar tahun 1930an. Sejak itu mucul nama-nama maestro komik Indonesia dengan karya-karya melegenda, antara lain Si Buta Dari Gua Hantu (Ganes TH), serial Mahabharata (R. A. Kosasih), Gundala Putra Petir (Hasmi), Godam (Wid NS), Panji Tengkorak (Hans Jadalara), Jaka Sembung (Djair), Rio Purbaya (Jan Mintaraga).

Kelas Kreatif Bentara kali ini akan mengetengahkan lokakarya membuat komik, kerjasama Komunitas Comicotopia Bali dengan Bentara Muda Bali. Ini merupakan kelanjutan dari Timbang Pandang serangkaian Pameran Ilustrasi Aplikatif dan Komik Tradisi Bali (Juli 2018).

Sebagaimana Kelas Kreatif Bentara sebelumnya, program ini akan memadukan antara pembekalan teori dan praktik. Dibahas pula perkembangan komik di era digitalisasi. Misalnya, kemunculan komik digital di Korea sejak tahun 2002, Webtoon atau komik Internet atau webcomic. Hal mana memungkinkan para komikus menghadirkan komik ciptaannya secara serentak dan seketika diakses di seluruh dunia. Di Indonesia sendiri belakangan muncul pula portal komik digital yang bernama CIAYO Comics.

Sebagai narasumber adalah Ai Shuma dan Gabriel Pt Dedi dari Komunitas Comicotopia.

0 replies

Leave a Reply

Want to join the discussion?
Feel free to contribute!

Leave a Reply

Your email address will not be published.